Belajar sambil ngegame... asik kan.

Entri Populer

buku elektronik fisika XII

contoh soal kompetisi kimia

Rabu, 02 Januari 2013

uji borak pada bakso


Menguji Bakso yang Mengandung Borax

Kandungan zat berbahaya berupa borax yang terkandung dalam bakso bukanlah berita baru. Penambahan borax untuk
bakso memang banyak dilakukan oleh pedagang-pedagang tidak bertanggung jawab, tetapi hingga kini belum diperoleh solusi jitu untuk menghentikan praktik ini. Padahal, konsumsi masyarakat akan bakso tergolong tinggi karena bakso merupakan salah satu makanan favorit masyarakat. Jadi, masyarakatlah yang menjadi korban akan bahaya borax yang mengancam kesehatan.

Meski masyarakat telah mengetahui terdapat bakso yang mengandung borax, tetapi sebagian belum dapat membedakan antara bakso yang mengandung borax dan bakso yang aman dari borax.
Oleh karena itu, kami menganjurkan kepada Anda untuk melihat video perbedaan antara bakso yang aman dan bakso yang mengandung borax.



LAPORAN EKSPERIMEN
UJI BORAKS PADA BAKSO

ABSTRAK
Semua bahan kimia jika dikonsumsi pasti akan mengakibatkan efek yang tidak baik bagi kesehatan. Boraks adalah termasuk salah satu bahan kimia yang berbahaya jika dikonsumsi. penulis mencoba menguji apakah dalam makanan bakso terutama pentol terdapat kandungan boraks. penulis telah mendapat tiga sampel petol yang berbeda. Penulis telah menguji tiga sampel pentol dengan metode sederhana yang menggunakan kertas kurkumin. Dari hasil pada tiga pentol tersebut, penulis menemukan satu pentol yang mengandung boraks dan kedua pentol lainnya aman dikonsumsi dan tidak mengandung boraks.


KEYWORDS
Bakso adalah makanan yang terbuat dari tepung dan daging. Makanan ini banyak terdapat dikalangan masyarakat.
Boraks adalah salah satu bahan kimia yang dapat mengawetkan makanan. Jika dikonsumsi tidak baik bagi kesehatan.



LATAR BELAKANG

Sekarang ini banyak sekali penggunaan  bahan kimia untuk mengawetkan suatu makanan salah satunya adalah bakso, karena bakso termasuk makan yang tidak dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama dan saya berhanggapan bahwa pedagang-pedagang bakso yang dagangannya tidak terjual habis, pasti ada yang menggunakan bahan kimia untuk mengawetkan baksonya. Boraks adalah salah satu bahan kimia yang dapat mengawetkan suatu makanan dalam waktu yang cukup lama. Saya memilih judul “UJI BORAKS PADA BAKSO” karena saya ingin mengetahui,  apakah pada bakso ada kandungan boraksnya?. Saya akan memakai metode yang menggunakan kertas kurkumin agar lebih praktis dan tidak memerlukan biaya yang banyak.




TUJUAN
Mengidentifikasikan kandungan boraks pada bakso

TINJAUAN PUSTAKA
Bakso adalah suatu makanan berbentuk bola-bola yang terbuat dari tepung dan daging. Untuk menambah selera dan rasa, biasanya makanan ini disajikan dengan tambahan kuah dan mie
http://www.geoklik.com/pengertian-bakso-dan-cara-membuat-bakso/290/  ). Bakso termasuk yang sangat populer di kalangan masyarakat kita. Hampir di setiap tempat dapat kita jumpai produk ini

Boraks adalah senyawa kimia yang mempunyai sifat dapat mengembangkan, memberi efek kenyal, serta membunuh mikroba. Boraks sering digunakan oleh produsen untuk dijadikan zat tambahan makanan (ZTM) pada bakso, tahu, mie, bihun, kerupuk, maupun lontong. (http://www.remajagaptek.com/2011/10/bahaya-borax.html )
Boraks merupakan senyawa kimia berbahaya untuk pangan dengan nama kimia natrium tetrabonat (NaB4O7 10H2O). Dapat dijumpai dalam bentuk padat dan jika larut dalam air akan menjadi natrium hidroksida dan asam borat (H3BO3). Boraks atau asam borat biasa digunakan sebagai bahan pembuat deterjen, bersifat antiseptik dan mengurangi kesadahan air.
http://matoa.org/bahaya-boraks-dan-bleng/  )
Pengaruh borak terhadap kesehatan :
  Tanda dan gejala akut :
    Muntah, diare, merah dilendir, konvulsi dan depresi SSP(Susunan Syaraf Pusat)

  Tanda dan gejala kronis

1.      nafsu makan menurun
2.      Gangguan pencernaan
3.      Gangguan SSP : bingung dan bodoh
4.      Anemia, rambut rontok dan kanker.
ALAT DAN BAHAN
·         Kertas Kurkumin
·         Kater / Pisau
·         Alat Tulis
·         Pentol 3 jenis ( Sapi, Ikan, Ayam )
LANGKAH KERJA
1.   1.  Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.
2.     2.Potong kertas kurkumin menjadi tiga bagian atau sesuai kebutuhan.
3.     3.Potong tiap pentol menjadi ¼ bagian atau sesuai kebutuhan.
4.      4. Ambil kertas kurkumin yang sudah dipotong menjadi 3 bagian
5.    5.Ambil tiap pentol yang sudah dipotong, lalu gosok tiap pentol ke kertas kurkumin, tiap pentol satu 6.kertas kurkumin.
6.     7Lihat pada kertas kurkumin akan terlihat perubahan warna, lalu ambil kesimpulan.












KESIMPULAN
Dari hasil penelitian yang saya lakukan, saya menyimpulkan Bakso Sapi dan Bakso Ayam tidak mengandung borak, sedangkan Bakso Ikan mengandung boraks.




DAFTAR PUSAKA
Ramadlan, Alfiansyah. 2012. “Uji Boraks Pada Bakso”. Surabaya: tidak diterbitkan.








2 komentar: